X

Tips Mempercepat Komputer Tidak Lambat

Posted on 3:43 PM Under 2 comments




Komputer atau laptop yang kinerjanya menurun atau lemot disebabkan oleh banyak hal, seperti terlalu banyaknya program berat yang diinstal, game, atau mungkin telah terserang virus.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan beberapa tips yang bisa digunakan untuk menangani kinerja komputer yang lemot tersebut sekaligus untuk meningkatkan kinerja komputer.
  1. Uninstall program yang tidak dipakai lagi atau yang jarang dipakai.
    Meskipun tidak dipakai/dijalankan, program yang jarang/tidak pernah dipakai tetap akan mempengaruhi kinerja komputer. Terutama program-program yang menyimpan setingan-setingannya di registry. Alasannya karena pada setiap kali komputer dijalankan, registry windows akan di-load di memory, hal ini akan menjadikan ukurannya menjadi besar, sehingga memory yang digunakan juga akan menjadi semakin besar.
  2. Periksa program autoruns atau program yang berjalan secara otomatis dengan windows.
    Biasanya ada beberapa program yang selalu berjalan sedangkan program tersebut tidak begitu penting, jadi usahakan matikan saja program yang tidak begitu penting tersebut.
  3. Rapikan hardisk secara rutin (Defragment).
    Defragment tersebut tujuannya untuk merapikan file-file yang ada di hardisk sesuai dengan kapasitasnya.
    Pilih Menu >> All Program >> Accessories >> System Tolls >> Disk Defragmenter.
  4. Matikan services yang tidak dipakai.
    Services merupakan program/library yang juga dijalankan/diload secara otomatis setiap kali komputer dihidupkan. Untuk melihatnya bisa melalui Control Panel >> Administrative Tolls >> Services. Jika komputer tidak pernah digunakan untuk online di internet, ada beberapa services yang bisa di non aktifkan. Seperti Windows Time dan beberapa services lainnya. Nah, untuk poin yang keempat ini diperlukan sedikit pengetahuan tentang komputer, karena apabila tidak berhati-hati kemudian salah dalam mensettingnya malah bisa menyebabkan beberapa fungsi windows tidak berjalan.
  5. Penggunaan skin windows.
    Pengunaan tampilan/skin windows bisa mempengaruhi kinerja komputer cukup signifikan. Terutama penggunaan software tambahan. Disarankan apabila ingin tampilan windows yang berbeda gunakan saja Windows Theme (tema bawaan windows).
  6. Matikan beberapa efek visual windows.
    Selain itu beberapa efek windows [XP] yang tidak begitu penting bisa dimatikan.
    Klik kanan di My Computer >> Properties >> Advanced >> Performance >> Setting. Pilih visual efek yang tidak begitu penting.
  7. Jangan terlalu banyak menginstal font.
    Font yang terlalu banyak diinstal akan mempengaruhi program yang menggunakan pilihan font seperti MS. Office. Selain itu, jumlah font yang terlalu banyak juga akan mempengaruhi memory yang digunakan dan akan berdampak pada loading komputer.
  8. Hilangkan Icon Dekstop (shortcut).
    Jangan menggunakan shortcut (icon) terlalu banyak di dekstop. Lebih baik apabila dekstop komputer dikosongkan karena hal ini akan membantu mengurangi penggunaan memori.
  9. Scan komputer dari virus, spyware, trojan, dsb.
    Komputer yang terserang virus maka kinerjanya bisa dipastikan akan menurun bahkan bisa menjadi sangat lambat. Untuk komputer yang sering digunakan untuk online, sebaiknya di scan secara rutin dari spyware, mallware, dan sejenisnya.
  10. Percepat browsing file.
    sobat blogger pasti pernah mengalami ketika membuka "My Computer" untuk menelusuri folder-folder terjadi delay (butuh waktu beberapa saat). Hal ini disebabkan karena secara otomatis komputer sedang mencari file-file network dan printer setiap kali windows explorer dibuka. Agar lebih  cepat maka hentikan pencarian secara otomatis tersebut.
    Klik Start >> My Computer >> Tools (bagian atas) >> Folder Options >> View >> Hilangkann ceklis pad Automatically search for network folders and
    printers check box >> Apply >> Restart.
  11. Gunakan software yang lebih ringan.
    Beberapa software terkadang hanya digunakan untuk bebearapa hal yang sederhana. ACDSee misalnya, digunakan hanya untuk melihat gambar atau foto saja. Jika hanya untuk melihat gambar atau foto dengan format standar, sebaiknya gunakan saja fasilitas bawaan windows. Karena ACDSee cukup berat, terlebih lagi versi yang terbarunya.
  12. Menggunakan Software TuneUp, Defragment dan sejenisnya.
    Jika mengalami kesulitan dalam optimalisasi secara manual, maka bisa menggunakan program-program TuneUp atau yang sejenisnya.
  13. Upgrade Hardware.
    Jika spesifikasi komputer masih pas-pasan dan kita juga memiliki kelebihan dana, maka tidak ada salah nya untuk mengupgrade hardwarenya seperti Memory, CPU atau VGA. Tapi yang paling berpengaruh biasanya Memory dan CPU.
  14. Instal Ulang Komputer.
    Terkadang sistem yang sangat lama dan penuh dengan program yang banyak tidak/jarang terpakai, meskipun sudah dilakukan optimalisasi tetap saja lemot. Jika sudah seperti ini kasusnya, mungkin instal ulang adalah solusinya. Biasanya dengan system yang lebih "fresh" kinerja komputer bisa maksimal.
Demikianlah tips menjadikan komputer agar tidak lemot lagi. Sebenarnya tidak hanya itu saja, maasih banyak cara yang lainnya yang lebih ampuh. Bagi sobat blogger yang punya tips yang lebih lengkap diharapkan kesediaannya untuk membagikannya.
1. Uninstall program yang tidak dipakai Meskipun tidak dijalankan, program yang jarang atau tidak pernah digunakan bisa ikut mempengaruhi kinerja komputer. Terutama program yang menyimpan seting-setingnya di registry. Mengapa ? karena setiap kali komputer dijalankan, registry windows akan di load di memory, sehingga semakin besar ukurannya, memori yang digunakan akan semakin besar pula. Read more: http://jusushare.blogspot.com/2012/02/tips-mempercepat-agar-komputer-tidak.html#ixzz1qvupCuDA

Sumber: http://jusushare.blogspot.com/2012/02/tips-mempercepat-agar-komputer-tidak.html#axzz1qvuOagYO


About the author

Huy reader ,selamat datang di blog Hendra Share . Dan semoga isi dari artikel artikel ini bermanfaat untuk kalian :3 .


2 comments

  1. gan gimana menjalankan Disk Defragmenter ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Pada bagian Current status, pilih drive yang akan di defrag
      2.Klik tombol Analyze disk, proses analyze disk segera di mulai
      3.Setelah proses analyze disk dilakukan, klik tombol Defragment disk, proses defragment disk segera di mulai
      4.Setelah disk defragment selesai dilakukan, klik tombol Close

      Delete