X

PENIPUAN PENIPUAN MENGATAS NAMAKAN JASA PENGIRIMAN ATAU BEA CUKAI (UPDATE 16 APRIl '18)

Posted on 12:18 AM Under 11 comments



       Hai reader's kali ini saya akan posting informasi yang mungkin bermanfaat bagi kalian dan jadikan pengalaman kedepannya .Karena banyak komentar dari postingan "Cara Mengirim Paket dan Cek Kiriman di JNE (Domestik/International Shipment)" yang ingin bertanya atau mengalami kejahilan dari oknum tidak bertanggung jawab .








1. Jadi langsung aja ada kasus serupa yang kali ini sumbernya dari bctemas.beacukai.go.id/ :



PENIPUAN MENGATAS NAMAKAN BEA CUKAI
di sisini selaku korban penipuan data pelaku :
NAMA      : DODY IRAWAN surabaya ( laporan dari pihak bank bri
No REK    : 0976-01-004206-50-4 (BRI)
No tlp      : 085757004128 ( si pemilik barang/toko sekaligus pelaku pertama )
pelaku 2  :  08561220014  ( pelaku mengatasnamakan pihak bea cukai )
pelaku 3  :  082316426783/pin bb 2928070c ( pelaku mengatasnamakan pihak bea cukai )
pelaku 4  :  085281207946  ( pelaku sebagai pihak kurir / jne )

ktp penipu tgl 04-06-2014 awal transaksi saya memesan barang sebuah kamera dslr seharga 1,6 juta di toko bagus/ olx dari pelaku pertama,stlah saya percaya dan sayapun melakukan transfer kepada pelaku pertama(pemilik toko),dan tak selang bberapa jam pelaku ke 3 mengatasnamakan sebagai kurir (jne) memberitahukan karana barang bapak yang anda pesan  di tahan oleh pihak aparat bea cukai ( bea cukai bandara ahmad yani semarang ),karena tidak ada asuransi( ilegal),tidak sesuai dengan barang,di bandara  ahmad yani semarang,stelah selang 1 hari (jumat  06/06/2014) pelaku ke dua mengatasanamakan aparat bea cukai,barang bapak saya tahan karena barang tidak sesuai harga (ilegal),setelah itu pelaku ke 2 memeras saya utk registrasi lg,dan sayapun memenuhi nya sebesar 300rb jadi total kerugian sayapun 1,9 jta.utk biaya oprasional pelaku,supaya barang bapak lolos/di kirim ke alamat bapak,dan saat ini nomor pelaku masih aktif ,dan saya juga menghubungi tapi tidak di respon

Perlu Kami sampaikan:
– Terhadap barang pengiriman domestik (dalam negeri) tidak ada kaitannya dengan Bea dan Cukai
– Apabila ada yang mengaku dari petugas Bea dan Cukai dan meminta transfer sejumlah uang maka segera hubungi Kantor Bea dan Cukai terdekat untuk menanyakan permasalahannya


2. Sumber didapat dari salah satu komentar Postingan ini :
PENIPUAN MENGATAS NAMAKAN BEA CUKAI


       Dari cerita saudara M Rifki Setiawan, mungkin sudah direncanakan awal oleh si seller dan itu adalah cara classic atau sering terjadi. Tipsnya tetap cari seller yang terpercaya, jangan mudah tergiur barang murah. Dan jangan mau beli jika belum ada testimoni yang terpercaya.

3. Sumber didapat dari salah satu komentar Postingan ini :
PENIPUAN MENGATAS NAMAKAN PIHAK KARGO BANDARA
       Alhamdulillah, salah satu seorang komentar di postingan ini terhindar dari penipuan. Penipuannya adalah dari pihak kargo bandara mengiginkan tebusan uang agar barang terkirim lancar. Tipsnya adalah hubungi langsung dari pihak Ekspedisi dengan hubungi CSnya dan atau tidak langsung ke bandara ke tempat kantor ekspedisinya yang biasanya di bandara, lalu tanyakan perihal tersebut untuk mengonfirmasi.


4. Sumber didapat dari https://komunitas.bukalapak.com :

Penipu Online Modus Pegawai BeaCukai Bandara bersama Si Seller  

26-Jul-2015 in Rileks by : srdesign 
Modus Penipu ONLINE.
Ane lagi cari Lenovo A6000, Search Termurah di BL ada harga 1juta (Seller an. eriwijaksana) baru Join BL 22 Juli 2015 alias New Seller dengan FeedBack 0%.
Sebelum beli ane Messege tu Seller “Masih ada Stok, dan Bener Garansi Resmi ? ” seller menjawab “Benar & Ada Stok”
Tanpa pikir ane langsung Beli tu gan lewat system BL tapinya, 1 hr berikutnya si Seller udah Messege “Barang sudah di Kirim”, langsung saya tanya “No Resi mana Gan?” diapun ga Menjawab.
Tgl 24 Juli 2015 ada sms dari seller mengatasnamakan “Yuda Erlangga (YE)” “No HP: 085218575325” bahwa barang sudah dikirim, kembali saya tanya mana No RESI dan akhirnya ga dibalas SMS saya.
Tgl 25 Juli 2015 sekitar Jam 12.00 WIB saya di TLP dari Pihak Cukai Bandara Semarang (Singkat saja PCB) (No: 085351392221) bahwa Barang Pesanan Anda sedang di Tahan karena tidak mempunyai Surat2 Cukai alias Illegal, dan Saya jelasin bahwa saya tidak tahu menau klo memang barang yg saya Pesan itu BM, si PCB pun terus mengancam bahwa segala Barang Illegal di Perdagangan akan ditindak Hukum baik Penjual maupun Pembeli, supaya tidak dilaporkan ke Pihak Berwajib harus di Urus barang tersebut dengan menbayar PPH dg Biaya Administrasi sebesar Rp 4.800.000,- dan harus diselesaikan segera dalam waktu kurang dari 1 Jam dengan alasan bahwa setiap 1 jam ada Pemeriksaan kembali di Cukai Bandara !
Mendengar hal tersebut kaget Juga saya. dan setelah itu tak lama kemudian ada TLP dari si Seller an. YE dengan Salam dan Sopan bertanya apakah Barang Pesanan sudah sampai? saya langsung jawab Barang sedang di tahan di bandara, dan bla bla bla saya jelasan seperti yang diminta si PCB.
Si YE terlihat kaget dan akan bertanggung jawab membayar biaya 4.8 Juta tadi supaya semua aman baik Penjual maupun Pembeli, namun beralasan tidak bisa langsung mentransfer karena Bosnya sedang diLuar ada Meeting mengurus biaya2 untuk pembayaran kasus seperti itu dan baru bisa transfer malam hari sekitar pukul 20.00 wib. Saya pun pokoknya kekeh harus si Penjual yg bertanggung jawab dan segala alasan dilontarkan si YE bahwa bos lagi diluar dan meminta tolong pada saya untuk menghubungi si PCB tadi untuk toleransi supaya dapat di bayar malam.
PCB pun saya hubungi kembali dan menjawab pokoknya harus di selesaikan dalam waktu kurang dari 1 Jam untuk menghindari Pemeriksaan seperti yg dia jelaskan sebelumnya. Akhirnya saya lansung saja bertanya biaya administrasi penyelesaian dikirim kemana dan dijawab dikirim ke REK Keuangan pihak bandara, akhirnya saya meminta REK tersebut.
Tak lama kemudian di SMS si PCB REK pembayaran adalah sbb :
No.REK 648601000379504 BANK BRI an. DIAN MAHARDIKA.
Saya pun mulai Curiga, Kok REK Keuangan Pihak Bandara dengan Nama Pribadi.
Setelah SMS itu si PCB langsung TLP menanyakan sudah masuk REK nya, saya jawab sudah dan saya tanya itu BRI cabang Mana, diapun berkelit bahwa Pihak Keuangan tidak bisa memberitahukan bahwa REK cabang mana, saya pun tetap bertanya karena kalau mau transfer ke Bank kan harus memberikan catatan REK tujuan masuk KCP mana, diapun menjawab si PCB (sambil saya dengar ada bisik2 dibelakang bertanya sama teman PCB) dijawab BRI Cabang Purworejo, (dan ada keceplosan si PCB “Pasuruan”), saya pun hampir ketawa kok Purworejo dekat Pasuruan… Haha :P
Saya jawab aja oke Pak nanti akan diselesaikan biayanya karena saya harus ke Bank dulu soalnya jauh dari Rumah sekitar 3-4Jam (maklum Ndeso)
Kecurigaan saya semakin kuat langsung saya cek di Mbah Google REK an. DIAN MAHARDIKA tersebut dan ternyata sudah masuk “BlackList Penipu ONLINE”
Kembali lagi untuk memastikan saya Tlp si Seleer (YE) bertanya no RESI mana dan saya minta dikirim sekarang, diapun menjawab tidak bisa kirim sekarang karena lagi diluar, habis itu ditutup tlp.
Selanjutnya gak lama2 ada SMS dari si YE no RESI Pengiriman dengan “Cargo Star” no SMU12640226495
Langsung saya cek No RESI tersebut di Website RESMI Cargo Star dan ternyata tidak ada Transaksi.
Setelah itu Fixed Hal ini memang Penipuan setelah saya cek2 juga di MbahGoogle bahwa di Website Resmi BeaCukai “Bahwa Tidak Pernah Pihak BeaCukai Meminta Biaya Administrasi PPH ke Pembeli atau Penjual, melainkan ke Perantara Pengiriman spt JNE/TIKI/POS” seperti itu. Dan mana ada PPH untuk HP Lenovo A6000 dengan Harga Normal sktar 1,5 Juta biaya PPH sampai Rp 4.800.000 ???
Langsung saya kirim laporan di atas ke berbagai Situs/Website Penipu Online serta Admin BL, serta Website Polisi Online, serta Website Polisi
dan akhirnya langsung di BlackList oleh Admin BL dan Uang Saya sudah masuk ke Buka DOMPET.
Oleh karena itu Hati-Hati untuk para Pembeli, apabila ada No Tlp / REK seperti yang saya jelaskan di atas, itu adalah Murni Penipu, dan pastikan Anda Membeli di PELAPAK yang sudah MEMPUNYAI FEEDBACK POSITIF besar, bukan “BELUM MEMPUNYAI FEEDBACK”
Serta barang Baru yang dijual Murah dari harga Normal dengan ciri-ciri Penjual :
  • Baru saja membuat Account Buka Lapak
  • Feedback masih 0%
Untuk Gambar jangan Langsung Percaya karena bisa diambil dari mana saja.
Sekian Sharing Panjang pengalaman Pribadi saya baru saja Kemarin Kejadian. Semoga Bermanfaat

joni1991

 25-Nov-2016


Gan hari in saya ngalami hal yang sama percis di atas. Saya bli mbl mainan RC seharga 1.8jt
Jadi tadi sore tgl 25nov, saya di tlp bea cukai bandara (bcb)
Bcb bilang ke sana, bahwa barang yg saya beli skrg lagi di tahan di kantor bcb, karena tidak ada surat" dan barang black market. Saya lngsng terkejut. Bea cukai mau menuntu saya dan mau serahakan mslh ini k hukum dan bcb berkata jika tidak mau k jalur hukum, saya harus bayar bea cukai seharg 5jt. Otomatis saya tkt. Dan saya lngsng tlp si penjual. Menanyakan barangnya. Dan penjual srh saya bcr ke bcb untk membicarakan mslh ini. Dan penjual juga berkata srh saya yg urus bea cukai brp pun yg di minta bea cukai bandara. Penjual berkata dia akan ganti smua uang yg bea cukai minta. Jadi saya tlp bcb untk bernegosiasi harga. Blablabla.. T'akhir di mintaknya 2jt harus d transfer k Rek BRI a/n Andrie. Begitu saya transfer 2jt. Gak lama. Berselang 2jam saya tlp ke bea cukai, untuk menanyakan barang saya. Terus bcb bilang laporan syg 2jt udah di urus d kantor. Dan bcb bilang bahwa kantor tidak mau menerima 2jt. Harus 5jt. Dan bcb bilang uang 2jt saya sebagai jaminan or dp aja. Sisa harus di transfer hari in
tgl 26 nov 2016
Semuanya bisa tolong bantu saya gak?
Kasih saya solusi dan harus gmn.
Saya transfer uang ke orgnya, karna saya ga mau terlibat, n gak mau berurusan sama polisi.

TIPS Agar Terhindar Modus Penipuan Oknum JNE/Ekspedisi Dengan Meminta Biaya Tambahan Untuk Bea Cukai dan Pajak Barang Dalam Domestik(Dalam Negeri) !!!

       Untuk pengiriman dalam negeri tidak akan ada biaya tambahan untuk bea cukai atau pajak apapun. Harga yang harus dibayarkan oleh pengiriman adalah hanya ongkos kirim (ongkir) dan asuransi (kalau diminta). Kecuali untuk barang elektronik mungkin petugas JNE akan mewajibkan pengirim untuk mengasuransikan paketnya dengan tujuan mengurangi resiko kerusakan selama proses pengiriman. Semua pengiriman dalam negeri JNE tidak melalui Dirjen Imigrasi sehingga tidak ada yang namanya bea cukai. Bea cukai hanya dikenakan untuk barang (paket) yang masuk dari luar negeri (impor).


       Nah sekarang kita sudah tau kan dan jadikan sebagai pengalaman informatif .Jadi kesimpulan jika kalian mengalami hal tersebut kalian pergi saja ke kantor Bea Cukai daerah anda untuk lebih jelasnya dan kalau mengaku dari pihak Jasa Pengiriman langsung saja pergi ke Pusat nya bukan Cabang .

       Jika kalian punya pengalaman share aja di komentar dan saya akan pastikan memposting upadate pengalaman yang kalian sampaikan ,Terima kasih atas sumber sumber terkait dan tentunya pembaca .


About the author

Huy reader ,selamat datang di blog Hendra Share . Dan semoga isi dari artikel artikel ini bermanfaat untuk kalian :3 .


11 comments

  1. Mau tanya..tdinya sy ingin beli hp di slh satu grup fb,harganya yang murah.ktanya di iklan hasilsitaan bea cukai..dan akhirnya sy tertarik utk beli,stelah sy tergiur dan akhirnya sy transfer uang 2.9 juta.tp dr pihak jasa kirim kok minta uang jaminan sbesar 2.450jt ya..apakah ini penipuan??mohon di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau boleh tau pihak jasa pengirimannya darimana ya ? .Kalau *misal dari JNE mungkin anda bisa hubungi CS dari official webnya dan konfirmasi tentang uang jaminan

      Delete
  2. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sud ah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di 🐣PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL🐣

    ReplyDelete
  3. saya barusan kena tipu. saya beli hp online terus suruh kirim uang lagi karena katanya barang dicekal di bea cukai. itu bener ngga ya? apakah saya harus beneran transfer? saya takut berurusan dengan hukum. atau itu juga cuma penipuan yg cukup saya cuekin aja? mohon jawabannya. saya sangat ketakutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pertama dan paling penting janganlah panik. Cek kebenaran info terlebih dahulu.
      1.Untuk pertama teliti apakah barang yang Anda beli itu legal dan patut dipertanyakan ke seller.
      2.Jika Anda beli barang dari luar negeri mungkin akan kena biaya.
      3.Jika Anda beli barang masih dalam wilaya Indonesia tidak ada yang namanya kena biaya. Jikapun ada oknum mengataas namakan bea cukai tak usah panik ,hubungi kantor bea cukai terdekat di Kota Anda atau cukup dengan Telp saja.

      Delete
  4. gan ane ditelp dari pihak bea cukai katanya barang yg ane beli itu blackmarket dari batam, ga ada surat dari bea cukainya, dan ane ditelf kata pihak bea cukai kalo mau aman tf 3 juta ke rekening dia bates sampe jam 7 nanti, jadi gimana gan kasih solusi apakah ini penipuan? ane gatau kalo bakal terjadi gini gan.. mohon bantuannya

    terus ane lgsg chat sipenjual, dan dia bilang tf aja dulu pake uang ane nanti sore diganti, nah mulai dari sini ane gapercaya lagi gan, akhirnya ane chat tuh si penjual ane tanya" dan jawaban dia kurang meyakinkan dari sinilah ane udah gapercaya, dan untung aja ane belum transfer tuh uang 3 juta.. dan mau gamau ane harus ngerelain uang yang udah ane tf ke dia untuk pembelian hp tersebut :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah sharing pengalamannya bang. Semoga gak terulang lagi dan berhati hati

      Delete
  5. Kalo yg nelponnya mengatsnamakan pihak cargo bandara krn barang yg saya beli adalah barang bm dan buat ngeluarin surat izin barang tsb disuruh bayar 3.750.000 kalo ga nanti ditindak pidana. Itu benar ga? Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinnya kurang meyakinkan kalau dari pihak kargo bandara. Alesannya yang :
      1.Yang biasa ngecek bm atau tidak adalah pihak Bea Cukai
      2.kalau dari bilang dari cargo mungkin itu dari pihak ekspedisinya.
      Mungkin saya tipsnya :
      1.Tannyakan pada CS ekspedisinya
      2.langsung aja ke bandara ke tempat ekspedisinya. Ekspedisi hanya bertugas untuk mengirim2 saja dan untuk mengecek itu pihak bea cukai

      Delete
    2. Terimakasih banyak ka untuk sarannya, saya telah menghubungi pihak ekspedisi dan itu katanya penipuan saja. Dan dikarenakan no resi blm diberikan juga jadi memang sptnya saya sudah ditipu. Terimakasih banyak atas bantuannya.

      Delete
    3. Senang bisa membantu ,dan thanks udah berbagi pengalamannya :)

      Delete